aien story

Resep Sambal Ijo Khas Rumah Makan Padang

0
Resep Sambal Ijo - siapa yang hobi menikmati masakan padang ? kalo iya pasti sering dunk mampir ke warung padang. dari sekian banyak menu apa makanan yang paling kamu suka ? apakah rendang ? sambal hijau nya atau yang lain. kalau aku bilang yang paling enak ya sambal hijaunya itu enak banget. rasa pedasnya khas dan sedap di santap. kalau pas beli nasi padang pasti minta sambal ijo nya agak banyak biar puas.

sebagai pecinta masakan dan hobi juga memasak tentu penasaran dunk , kenapa kok sambal ijo rasanya enak banget? bagaimana cara buat sambal ijo ?, kalau tahu cara membuat sendiri kan enak , bisa buat kapan saja. sambal ijo itu beda dengan sambal yang biasanya , coba kamu perhatikan sambal hijau khas padang , pasti bentuk sambalnya agak kasar , tidak halus seperti sambal lainnya macam sambal terasi yang diulek alus. sambal ijo padang ini beda memang , menguleknya  kasar. mungkin hal ini untuk mempertahankan tektur cabenya. dan juga sambal hijau hanya memakai cabe hijau gak pake campuran cabe rawit atau semacamnya. namanya juga sambal ijo pasti pakainya cabai hijau.

Sambal ijo yang enak tentu membuatnya harus dengan takaran tertentu, sama sih seperti resep masakan lainnya. dengan bahan dan bumbu yang pas hasil masakan tentu akan lebih nikmat. untuk bisa membuat sambal ijo yang mantap bisa mengikuti resep dibawah ini ! :

Resep Sambal Ijo
 Sambal Ijo  khas Warung Padang

Bahan - Bahan Membuat Sambal Ijo :

  • 250 gram cabai hijau.
  • Bawang putih 1 siung.
  • air perasan jeruk nipis setengah sendok teh.
  • bawang merah 2 siung.
  • tomat hijau 1 buah.
  • garam dapur secukupnya.
  • gula pasir secukupnya.
  • minyak goreng 3 sendok makan.

Cara Membuat Sambal Ijo Khas Rumah makan Padang :

  • Pertama potong kasar Cabai Hijaunya.
  • setelah itu kukus  bawang merah , bawang putih , tomat dan juga cabai hijau yang sudah di potong - potong. mengukusnya selama 5 menit saja.
  • kemudian tumbuk kasar bahan - bahan tadi yang sudah di kukus. saat menumbuk bahan - bahan tadi harus tercampur.  menumbuknya kasar saja. tidak sampai halus.
  • setelah itu tumis sampai tercium bau harum.
  • tambahkan gula , garam dan air perasan jeruk nipis.
  • masak sampai matang. setelah itu angkat dan sajikan.
Sambal ijo khas padang siap disantap dengan nasi hangat dan juga bisa ditambahkan lauk lain. nikmat banget deh rasanya. selamat memasak. semoga resep sambal ijo ini bermanfaat. baca juga Resep Sambal Goreng Kentang. by Resep Kuliner Kreatif

0 komentar:

Posting Komentar

maaf ya jangan nyepam :)

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.