aien story

Aien Story dapatkan berbagai macam Resep Masakan Indonesia di Aien Story

Resep Kopi Susu - Bagi penggemar kopi , segelas kopi hangat sudah menjadi minuman yang wajib untuk menemani aktivitas sehari - hari. kalau tidak minum kopi sehari saja , rasanya ada yang kurang. cita rasa kopi yang nikmat memang membuat ketagihan.

Salah satu minuman  kopi yang nikmat adalah kopi susu. sama seperti namanya,  kopi ini ditambahakan susu dalam pembuatannya. biasanya susu yang di pakai adalah susu kambing atau sapi. namun ada juga yang pakai susu buatan semisal krimer non dairy. namun untuk alasan kesehatan sebaiknya hindari krimer yang biasa kita jumpai di toko ini , karena mengandung banyak bahan kimia.

dalam membuat kopi susu tentu kalian sudah bisa. soalnya sudah biasa membuat. namun jika kalian membuat dengan takaran yang pas tentu hasilnya lebih nikmat. tidak percaya ? coba saja ikuti resep kopi susu dibawah ini :

Resep Kopi Susu
 Kopi Susu

Bahan - Bahan :

  • Kopi Bubuk 1 sendok makan.
  • Susu Kental manis 3 sendok makan.
  • Gula pasir 2 sendok makan.
  • Bubuk Coklat Plain 1 sendok teh.
  • air panas 160 ml.
Untuk yang ingin di tambahkan creamer bisa membuat creamer sendiri . berikut caranya :
  • Susu Kental Manis 14 ons.
  • Susu Cair 1 3/4 cangkir.
Campur rata kemudian , masukan wadah toples , kemudian kocok. simpan kulkas. 

Cara Membuat Kopi Susu Enak :

  • Masukan Kopi beserta bubuk coklat plain dan gula pasir ke cangkir.
  • tambahkan air panas. aduk rata.
  • masukan susu kental manis. aduk sampai rata.
  • setelah itu tambahkan creamer di atas kopi nya. secukupnya saja.
  • aduk. dan sajikan.
setelah selesai tinggal di minum. enak banget pastinya. baca juga Resep Wedang Ronde. by Resep Kuliner Kreatif
Resep Ketan Durian - Sekarang ini di tempat saya sedang musim durian , banyak sekali yang jualan durian di pinggir jalan. kalau saya sih gak pernah beli , soalnya punya pohon durian sendiri. kebetulan musim ini pohon durian saya berbuah agak banyak. hampir tiap hari ada saja durian yang jatuh. duriannya memang saya biarkan jatuh dari pohon. biar matang alami.

banyaknya durian tentu memunculkan ide untuk bisa mengkreasikan durian menjadi makanan yang enak. biar kagak bosan. masak harus di makan langsung terus. sekali - kali di olah menjadi makanan durian yang enak. setelah saya cari - cari ide , saya akan membuat masakan yaitu ketan durian. yaitu makanan ketan yang di beri saus durian. untuk selengkapnya bisa di lihat resepnya saja dibawah ini :

Resep Ketan Durian
 Ketan Durian

Bahan - Bahan :

  • beras ketan 250 gram. rendam dulu selama 1 jam.
  • Santan encer 250 ml.
  • daun pandan 3 lembar.
  • garam secukupnya.

Saus Kinca :

  • Santan encer 500 ml.
  • Susu tawar 250 ml.
  • Gula pasir 3 sendok makan.
  • Gula merah 100 gram.
  • Daun pandan 3 Lembar.
  • 5 Mata Durian , buang bijinya kemudian haluskan.
  • Garam setengah sendok teh.

Cara Membuat Ketan Durian :

  • Pertama , beras ketan dikukus selama 15 menit. setelah itu angkat.
  • Panaskan santan , daun pandan dan garam sampai mendidih. kemudian angkat dan tambahkan ke beras ketan.aduk sampai tercampur rata. setelah itu kukus kembali sampai matang.
  • Membuat Saus Kinca : Rebus santan , daun pandan dan gula merah. angkat kemudian saring. panaskan kembali menggunakan api kecil. tambahkan susu. aduk sampai rata. kemudian tambahkan durian , gula pasir dan garam. aduk - aduk hingga mendidih.
  • Cetak ketan dengan bentuk sesuai selera. sajikan bersama saus kinca untuk siraman.
Baca juga Resep Bubur Kacang Hijau. terima kasih semoga resep ketan durian bermanfaat buat anda. by Resep Kuliner Kreatif
Resep Gado Gado - sayur adalah bahan makanan yang mengandung banyak manfaat. mengkonsumsi sayuran setiap hari sangat di anjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh. salah satu menu masakan yang menggunakan banyak sayuran dalam pembuatannya adalah gado - gado. dari mulai kacang panjang , kol , taoge , selada hingga bunga kol adalah sayuran yang biasa ada dalam masakan gado - gado. tidak cuma itu saja , ada juga tambahan telur , kentang , wortel hingga mentimun.  bahan - bahan tadi tidak di makan mentah , namun di rebus dulu. kemudian nanti di siram dengan saus kacang dan disajikan dengan lontong atau nasi.

dari bahan - bahan yang di dominasi sayuran , memang terkesan gado - gado ini mirip dengan salad sayuran , namun itu tidaklah benar , gado - gado menggunakan saus kacang. inilah ciri khas dari masakan ini.  walau ada juga masakan yang agak mirip , yaitu pecel dan lotek. sama -sama menggunakan sayuran dan saus kacang.
Resep Gado Gado
 Gado Gado

Bahan - Bahan :

  • Kacang panjang 150 gram. rebus dulu kemudian potong pendek.
  • Tempe 150 gram , goreng dulu kemudian iris kotak.
  • 150 gram selada keriting , iris kecil.
  • 3 butir telur ayam , rebus dan belah dua.
  • 1 buah tomat merah , potong 8 bagian.
  • kol 150 gram , rebus kemudian iris - iris. tulang kol nya dibuang dulu.
  • tahu 150 gram ,  goreng kemudian iris - iris.
  • 150 gram taoge.
  • air secukupnya.
  • minyak goreng secukupnya.
  • 1 buah mentimun. potong - potong. jangan pakai mentimun pahit.

Bahan Bumbu Saus Kacang :

  • 3 buah cabe merah . haluskan.
  • 5 siung bawang putih . haluskan.
  • 250 gram kacang tanah.
  • 3 sendok makan air asam jawa.
  • 2 sendok makan minyak sayur.
  • 5 lembar daun jeruk purut.
  • garam secukupnya.
  • setengah liter santan kental.
  • 50 gram gula merah. iris halus.

Bahan pelengkap :

  • kerupuk udang secukupnya.
  • emping melinjo secukupnya.

Cara Membuat Gado - gado :

  • Kacang di sangrai dulu , kemudian buang kulitnya. setelah itu kacang di haluskan.
  • tumis , bawang putih , daun jeruk dan juga cabai merah sampai tercium harum.
  • tambahkan kacang tanah dan juga santan. aduk rata sampai mendidih.
  • masukan air asam jawa , gula merah dan garam , aduk merata dan masak sebentar. kemudian sisihkan.
  • goreng kering tahu dan tempe nya.
  •  taoge seduh dengan air panas.
  • untuk penyajian : bahan - bahan yang sudah di rebus tadi di siapkan dulu seperti : selada , kol , taoge , tomat , telur , mentimun , dan juga tahu dan tempe.
  • siram dengan saus kacang. tambahkan di atasnya kerupuk udang dan emping melinjo secukupnya.
  • siap di santap.
sangat enak dan menyehatkan. buat yang ingin makan enak dan juga sehat , gado - gado ini bisa menjadi pilihan. semoga bermanfaat resep gado - gado ini. jangan lupa baca Resep Salad Buah. by Resep Kuliner Kreatif

Resep Botok Tahu Tempe - apa itu botok ? kalau orang jawa insya allah pasti tahu. botok adalah masakan yang terbuat dari ampas kelapa yang dibumbui. biasanya botok ada yang ditambah tahu , tempe , petai cina atau juga teri. tergantung selera saja. botok  dalam pembungkusannya menggunakan daun pisang , sama seperti kebanyakan masakan tradisional jawa. ya memang kalau di pikir wajar , soalnya masakan tradisional kan sudah ada sejak dulu. dulu pakainya ya bahan - bahan alami. yang dari alam.

botok yang populer adalah botok tahu tempe , botok ini menggunakan bahan utama tahu dan tempe . rasanya enak , bagi penyuka tahu tempe inilah masakan yang pas jika ingin membuat botok. walaupun namanya botok tahu tempe , dalam resep pembuatannya juga menggunakan tambahan lain , yaitu petai cina ,  udang dan teri.  namun kalau hanya memakai tahu tempe saja bisa juga kok.

Berikut resep membuat botok tahu tempe yang enak :
Resep Botok Tahu Tempe
Botok Tahu Tempe

Bahan dan Bumbu :

  • Tahu 3 potong , potong bentuk dadu kecil.
  • Tempe 3 potong , potong bentuk dadu kecil.
  • petai cina seperempat mangkok.
  • kelapa muda seperempat mangkok. parut memanjang.
  • udang secukupnya. bersihkan dulu. potong jadi 2.
  • ikan teri secukupnya. cuci sampai bersih.
  • garam dapur , gula dan vetsin secukupnya.
  • daun pisang secukupnya.

Diiris - iris ukuran setengah cm :

  • cabai hijau 5 buah.
  • belimbing wuluh 5 buah.
  • tomat 2 buah.
  • cabai rawit 10 buah.

Dihaluskan :

  • bawang merah 5 butir.
  • bawang putih 3 siung.
  • daun jeruk purut 1 lembar.
  • kencur 1 potong.
  • cabai merah 1 buah.

Cara Membuat Botok Tahu Tempe yang enak :

  • Pertama , rebus potongan tahu dan tempe hingga matang. angkat dan tiriskan.
  • campurkan bahan - bahan menjadi satu. kemudian tambahkan garam , gula dan vetsin.
  • bungkus menggunakan daun pisang. kemudian kukus sampai matang.
  • setelah itu angkat.
Demikianlah resep botok tahu tempe yang enak , selamat memasak. baca juga Resep Tempe Orek kering by Resep Kuliner Kreatif
Resep Garang Asem  - jika kalian  sedang melewati daerah sekitar kudus , pati  hingga semarang pasti bisa menemukan makanan yang satu ini. namanya garang asem. banyak warung makan pinggir jalan yang menjual makanan ini. garang asem ini biasanya di buat dari bahan dasar daging ayam. di masak menggunakan santan dan dibungkus dengan daun pisang, rasa masakan ini pedas dan asam. rasa asam dan pedas di hasilkan dari penggunaan belimbing wuluh dan cabai.

selain menggunakan belimbing wuluh sebagai penghasil cita rasa asam , garam asem juga mempunyai ciri khas dalam pembuatannya , yaitu menggunakan daun pisang dalam pembungkusannya, hal ini mempunyai maksud agar aroma garang asem lebih khas. jadi beda jika menggunakan bungkus yang lain. namun jika daun pisang sulit di dapat bisa memakai wadah.

Berikut ini resep masakan garang asem :

Resep Garang Asem
Garang Asem

Bahan - Bahan :

  • Ayam potong 1 kg. bisa di potong menjadi 20 bagian. sesuai selera.
  • cabai hijau yang besar 5 buah.
  • daun bawang 2 batang.
  • cabai rawit 30 buah.
  • belimbing sayur 200 gram.
  • santan kental 1 liter. biasanya dari 1 buah kelapa ukuran besar.
  • daun salam 3 lembar.
  • daun kemangi secukupnya.
  • daun pisang 1 lembar , kalau tidak punya daun pisang , bisa menggunakan wadah , yang penting bisa di masukan  ke kukusan.
  • lengkuas secukupnya saja.
  • bawang merah 10 siung.
  • bawang putih ukuran sedang 5 siung.
  • jahe , kemiri , ketumbar , kunyit dan kencur secukupnya.

Cara Membuat Garang Asem :

  • Pertama haluskan bumbu seperti bawang merah , bawang putih , kunyit , kencur , jahe dan ketumbar. haluskan menjadi satu.
  • siapkan wadah besar untuk menampung potongan ayam , masukan bumbu yang sudah dihaluskan tadi. campurkan rata  bumbu ke daging ayam. tambahkan garam kemudian remas - remas bumbu ke daging ayamnya sampai ayam terlumuri rata bumbunya. 
  • hidupkan kompor , menggunakan api sedang saja. taruh wajan besar ke atasnya. masukan ayam yang terlumuri bumbu tadi ke wajan. setelah itu masukan belimbing sayur yang sudah di potong , cabe hijau , cabe rawit , serai , daun bawang dan santan kental sedikit demi sedikit. aduk perlahan sampai daging ayam empuk.
  • bersihkan daun pisang , potong ukuran sedang. cara membungkusnya : alasi daun pisang dengan daun kemangi , kasih ayam dan sedikit kuah. kemudian bungkus rapi. gunakan lidi agar rapat dan tidak terlepas bungkusannya.
  • kukus menggunakan api sedang selama kira - kira 45 menit.
  • setelah matang , angkat.
sensasi pedas dan asam garang asam sangatlah khas , dapat membuat selera makan anda meningkat. bagi anda yang suka makanan dari daging ayam. masakan ini sangat patut untuk di coba. semoga bermanfaat resep garang asem khas daerah  kudus , solo , semarang dan pekalongan nya. baca juga Resep Ayam Penyet . by Resep Kuliner Kreatif
Resep Ayam Penyet - Makanan bercita rasa pedas memang lah enak dan bikin ketagihan. salah satunya adalah ayam penyet dengan sambal mercon. sambal mercon memang terkenal dengan rasa pedas yang luar biasa. memang sangat nikmat jika di padukan dengan ayam goreng.  istilah mercon sendiri merujuk pada tingkat kepedasan yang sangat tinggi. jadi sambal ini memang sangatlah pedas , yang gak suka pedas jangan sekali - kali coba masakan ini.

Kalau menurut saya dalam membuat ayam penyet yang enak , sambal adalah faktor penting yang menentukan masakan ayam penyet enak atau tidak. soalnya sambal lah yang bikin ayam penyet nya makin nendang. untuk itu harus bisa bikin sambal yang pas dan enak. bener gak ? gak usah khawatir bagi  yang belum bisa buat ayam penyet dengan sambal yang enak. tenang saja ada Resep Kuliner Kreatif yang akan membantu. hehe. ini ada resep ayam penyet mercon super pedas dari jawa timur :

Resep Ayam Penyet
 Ayam Penyet

Bahan - Bahan :

  • ayam 1 kg. pilih yang masih segar dan bagus. potong menjadi 10 bagian.
  • serai 2 buah. memarkan.
  • daun salam 2 lembar.
  • jahe ukuran 2 cm. kupas dan memarkan.
  • lengkuas 2 ruas saja. memarkan.
  • air bersih satu setengah liter.
  • Jeruk nipis secukupnya.

Bumbu Halus :

  • Bawang putih 10 siung.
  • kunyit ukuran 2 cm , kupas.
  • kemiri 8 butir , sangrai.
  • gara dapur 1 sendok makan.

Cara Membuat Ayam Penyet :

  • Pertama , daging ayam lumuri dengan air perasan jeruk nipis. tambahkan garam 1 sendok teh. lumuri merata. setelah itu diamkan selama 15 menit. 
  • cuci bersih ayam tadi.
  • masak air , masukan bumbu halus. tambahkan daun salam , jahe,  serai  dan lengkuas.
  • masukan ayam ke rebusan air tadi. rebus hingga lunak. masak dengan api sedang saja.
  • Goreng ayam sampai matang.

Sambal Ayam penyet mercon :

  • cabe rawit 15 buah. iris tipis.
  • cabe merah 5 buah , iris tipis.
  • terasi goreng 1 sendok teh.
  • tomat ukuran sedang , 1 buah saja. potong - potong.
goreng semua bahan di atas hingga harum. haluskan , kemudian tambahkan garam dan gula secukupnya. sesuai selera saja. 

Cara Penyajian Ayam Penyet Sambal Mercon :

  • ambil ayam terus penyet dengan sambal merconnya. setelah itu siap di santap dengan nasi.
Ayam penyet sangat cocok buat makan siang. bikin tubuh berkeringat. pasti bikin ketagihan. semoga resep ayam penyet nya bermanfaat dan selamat memasak. baca juga Resep Nugget Ayam 
    Resep Lumpia - Kalau berbicara soal makanan yang satu ini, pasti kita akan ingat dengan kota yang merupakan ibu kota dari provinsi Jawa tengah. apa hayo ? apalagi kalau bukan kota Semarang. kota semarang memang sudah terkenal dengan lumpia nya. rasa khas dan nikmat lumpia khas semarang sudah sangat terkenal dimana - mana. saking terkenalnya sampai - sampai kota semarang ini di juluki dengan kota lumpia.

    Lumpia sendiri adalah jajanan yang bentuknya mirip dengan risoles. tau kan risoles ? namun yang membedakan adalah kulit lumpia yang lebis tipis, tanpa lapisan tepung panir , dan juga lumpia biasanya isinya rebung ( merupakan ciri khas lumpia semarang ) , daging ayam dan juga udang. beda dengan risoles yang kulitnya menggunakan lapisan tepung panir .sehingga kulitnya lebih tebal dan lebih lembut di banding kulit lumpia yang tipis dan renyah kalau di makan. soal isi risoles juga biasanya adalah sayuran dan soun.

    Lumpia ada dua jenis , yaitu lumpia basah dan kering. yang membedakan keduanya adalah kulit lumpia nya. kalau lumpia kering biasanya di olah dengan cara di goreng, sehingga kulitnya renyah. kalau untuk lumpia basah tidak di goreng. untuk yang suka yang garing dan renyah bisa pilih lumpia kering. untuk yang tidak suka , bisa pilih lumpia basah.

    karena lumpia basah lebih populer maka berikut saya berikan resep lumpia basah :

    Resep Lumpia Basah
    Lumpia Basah - sumber gambar = https://diaryventy.wordpress.com/

    Bahan - Bahan  dan Bumbu untuk Membuat Lumpia Basah khas semarang :

    • Kulit Lumpia 20 Lembar , bisa beli yang langsung jadi.
    • Bawang putih 3 siung , memarkan kemudian cincang.
    • jahe ukuran 1 cm , cincang.
    • dada ayam tanpa lemak dan tanpa kulit 15 gram. potong - potong bentuk dadu ukuran setengah cm.
    • udang yang sudah dibersihkan kulitnya 100 gram. potong ukuran 1 cm.
    • rebung 200 gram. potong - potong seukuran korek api.
    • kaldu 2 sendok makan.
    • 2 batang daun bawang. iris - iris halus.
    • ebi goreng 15 gram . haluskan.
    • kecap manis 2 sendok makan.
    • kecap asin 1 sendok makan.
    • garam dapur.
    • gula halus.
    • minyak goreng tak jenuh 1 sendok makan.

    Bahan Saus :

    • air bersih 200 ml.
    • gula jawa 300 gram.
    • minyak goreng 1 sendok teh.
    • bawang putih 1 siung. cincang.
    • tepung kanji 10 gram + 10 ml air bersih.
    • gula pasir 1 sendok makan.
    • garam dapur.

    Bahan Acar :

    • mentimun 100 gram , potong dadu ukuran 1 cm.
    • cuka beras 3 sendok makan.
    • garam dapur.
    • gula pasir 3 sendok makan.
    • cabai rawit 10 buah.

    Cara Membuat Lumpia Basah Semarang :

    • Membuat Saus : Tumis Bawang putih hingga harum. tambahkan air , gula pasir , gula jawa , dan garam. masak sampai mendidih. setelah itu di saring. dan didihkan lagi.
    • tambahkan larutan kanji. masak hingga mengental. kemudian angkat.
    • Acar : campurkan semua bahan acar , aduk sampai rata. kemudian diamkan hingga 1 jam lebih.
    • Tumis bawang putih sampai tercium bau harum.
    • tambahkan udang dan jahe , aduk - aduk sampai berubah warna.
    • kemudian tambahkan rebung , ayam , kecap asin, kecap manis , ebi , kaldu , daun bawang , garam dapur dan gula pasir.
    • aduk - aduk sampai tercampur rata. masak sampai kering. setelah itu angkat dan dinginkan.
    • ambil 1 lembar kulit lumpia , tambahkan di atasnya isian , kemudian lipat , rekatkan menggunakan saus. lakukan sampai kulit lumpia yang tersisa habis.
    • lumpia basah disajikan dengan saus , cabe rawit dan juga acar.
    demikian , semoga resep lumpia basah nya dapat bermanfaat. terima kasih. baca juga Resep Cireng. by Resep Kuliner Kreatif