Resep Lapis Legit enak

Resep lapis legit 


Resep lapis legit -  kue ini merupakan kue yang  biasanya dibuat pada saat hari raya , semisal hari raya lebaran , rasanya yang enak dan legit memang bikin ketagihan. Spekkoek adalah nama awal dari kue ini , ya memang dulu kue ini aslinya memang berasal dari belanda , dibawa oleh orang belanda pada saat zaman penjajahan belanda.

Walaupun aslinya bukan dari indonesia , kue lapis legit ini telah menyatu dan menjadi ciri khas makanan indonesia. Buktinya kue ini banyak dibuat dan dijual sebagai hidangan khas hari raya di indonesia.
Untuk harganya kue ini memang bisa dibilang tidaklah murah , mungkin karena pembuatannya yang tidak mudah , butuh kesabaran dalam membuat kue ini , untuk membuat kue ini dilakukan dengan pemanggangan lapis demi lapis , sehingga agak lama. Wajar kalo kue ini dihargai 300 rb lebih per cetak. Namun jangan khawatir , bagi anda yang ingin memakan kue ini tanpa harus membeli , bisa dengan membuatnya sendiri kok , dengan biaya yang lebih murah anda bisa merasakan sensasi legit dari kue ini. 


Resep Lapis Legit
 Lapis Legit

Bahan :


30 butir  telur mentar , diambil kuning telurnya .
Mentega butter sebanyak kira – kira 500 gram. ( mentega 300 gram + margarin 200 gram)
300 gram gula pasir , atau gula putih.
70 gram tepung  terigu kualitas bagus.
Susu , bisa menggunakan susu kental kalengan , kira – kira seperempat kaleng yang dibutuhkan.
Vanili sekitar setengah sendok makan , atau kira – kira saja.
Susu bubuk sebanyak 25 gram.

Cara membuat kue lapis legit :

  1. Pertama pecahkan 30  butir  telur dan pisahkan kuning telur dengan putih telur. Ambil kuning telur dan sisihkan.
  2. Kocok mentega butter  sampai mengembang , kemudian tambahkan susu kental , kocok – kocok dan sisihkan.
  3. Kocok 30 kuning telur  tadi dan tambahkan gula pasir , sampai mengembang. ( jangan mengocok di wadah yang sama dengan mentega harus beda wadah , karena nanti telur tidak kan mengembang dengan baik). Kemudian masukan vanili , kocok sampai mengental , kalau mengocoknya dengan mixer paling membutuhkan waktu 15 menit.
  4. Kemudian campur adonan telur dengan adonan mentega  , aduk – aduk kemudian  tambahkan campuran tepung terigu dengan susu bubuk. Kemudian aduk – aduk sampai rata.
  5. Setelah itu persiapkan cetakan dengan melapisi dengan kertas roti , dan olesan mentega , dan sedikit terigu taburkan ke atasnya.
  6. Kemudian hidupkan oven , panaskan ,  buat lapisan pertama dengan ambil sekitar  5 sendok makan adonan . ratakan adonan , untuk lapisan pertama gunakan api bawah pada oven.
  7. Kemudian buat lapis kedua dan seterusnya sampai adonan habis , untuk lapis ini menggunakan api atas oven.
  8. Setelah matang , siap disajikan.
demikianlah resep lapis legit , semoga bermanfaat. untuk hasil yang bagus sebaiknya baca juga tips  membuat lapis legit yang sukses. kalian bisa cari di google. oke baca juga  Resep Kue Bugis Ketan Hitam . terima kasih by resep kuliner kreatif

Posting Komentar untuk "Resep Lapis Legit enak "